Selasa, 07 September 2010

Tips memilih lokasi pernikahan

Tips memilih lokasi pernikahan


  1. Pertimbangkan lokasi pesta anda dengan musim saat itu, jangan mengambil resiko dengan menggelar pesta taman ketika sedang musim hujan.
  2. Bila mungkin, pilih lokasi resepsi yang sudah dilengkapi dekorasi yang bagus atau memiliki pemandangan yang indah, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk dekorasi.
  3. Tema pernikahan yang terlampau unik dan lokasi yang sulit biasanya akan memakan banyak biaya. Galilah kreatifitas anda untuk menciptakan pesta pernikahan yang berkesan sesuai dengan dana yang tersedia.
  4. Beberapa gedung mensyaratkan untuk menggunakan rekanan gedung (seperti katering dan dekorasi). Pertimbangkan baik-baik hal ini, karena biasanya menggunakan jasa rekanan gedung membuat harga jadi lebih mahal, karena mereka harus membayar fee kepada pengelola gedung.
  5. Jika anda memang berencana menyewa vendor-vendor diluar rekanan gedung, jangan memaksakan diri untuk menyewa gedung tersebut.
  6. Bila anda ingin berhemat dari lokasi pernikahan, jangan mengadakan pesta disaat “musim nikah”, yang biasanya berlangsung sekitar bulan mei-oktober, juga pada pada tanggal 14 februari atau hari kasih sayang, karena pada hari itu harga bunga akan sangat mahal, dan juga hindari mengadakan pesta pada akhir tahun hingga tahun baru, karena biaya akomodasi sedang tinggi dan banyak katering serta hotel yang sibuk melayani pesanan akhir tahun.
  7. Mengadakan pesta dirumah mungkin dianggap menjadi alternatif lokasi yang lebih hemat, karena tidak perlu membayar sewa gedung. Tapi pertimbangkanlah mengenai biaya tak terduga yang mungkin muncul. Banyaknya faktor pendukung seperti, dekorasi, tenda, meja-kursi dan perlengkapan-perlengkapan lain yang harus disewa, ditambah durasi pesta yang menjadi tidak terbatas mengakibatkan lebih banyaknya waktu dan tenaga yang akan terpakai untuk pelaksanaan, karena biasanya banyak tamu datang tidak sesuai jam yang ditetapkan

r Setelah ditetapkan dalam rapat keluarga mengenai lokasi dan tema pernikahan, lakukan survey lokasi untuk resepsi dan akad nikah. Segera booking lokasi tersebut dan simpan baik-baik bukti pembayaran bila anda langsung membayar DP (Down Payment).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar