Selasa, 07 September 2010

6 bulan sebelum pernikahan

Percayakan perencanaan dan pelaksanaan pesta pada diri anda sendiri, karena anda adalah wedding organizer untuk pernikahan anda sendiri.

Dengan mengerjakan sendiri, budget anda akan terjaga tetap pada jalurnya, semua pembelian dan pemesanan dapat disesuaikan dengan keinginan dan dana yang dianggarkan, dan yang pasti akan ada kepuasan batin yang tidak akan didapat jika anda menyerahkan pengerjaan pada orang lain.

Susun panduan budget pernikahan yang harus anda patuhi untuk mewujudkan pernikahan impian anda, tanpa melupakan bahwa anda masih memiliki sisa hidup yang juga merupakan masa depan yang harus dijalani dalam sebuah keluarga baru bersama pasangan anda.

Aktiflah mengunjungi pameran-pameran pernikahan di kota anda dan mengumpulkan informasi dari majalah-majalah pernikahan untuk menambah referensi tentang penyedia jasa pernikahan dan trend pernikahan terkini.

Bila akad nikah atau resepsi akan diadakan dirumah, maka catat dengan teliti, apa saja yang harus dipesan untuk melengkapi kebutuhan pesta anda, seperti tenda, AC portable, meja penerima tamu, kursi, karpet, tv untuk tayangan akad nikah bagi tamu yang berada diluar area akad nikah, dan segala kebutuhan yang diperlukan untuk penyelenggaraan pesta anda.

Booking perias untuk proses upacara adat, akad nikah dan resepsi.

Diskusikan dengan perias anda, bagaimana tema pesta dan warna yang dominan dalam pesta anda, bagaimana tata rias dan tata rambut yang anda inginkan.

Tips: Yang selanjutnya harus anda lakukan adalah mendata siapa saja anggota keluarga anda yang akan mendapat pelayanan tata rias dari perias atau salon yang anda sewa.

Biasanya perias pengantin memiliki tim untuk membantu merias anggota keluarga yang lain, tapi jika perias tidak memiliki anggota tim yang banyak, maka sebaiknya anda menyewa perias lain untuk merias keluarga anda. Jangan sampai perias anda dibebani tugas untuk merias anggota keluarga yang lain karena akan memecah konsentrasinya.

Bila anda menyewa pakaian seragam untuk keluarga dari tempat penyewaan pakaian, catatlah baik-baik apa saja yang anda pinjam, berapa jumlahnya, dan siapa saja yang nanti akan memakainya. Samakan data anda dengan tempat peminjaman pakaian, agar tidak terjadi perbedaan data. Karena bila anda tidak berhati-hati dalam pendataan barang, seringkali ketika pesta usai dan semua barang pinjaman dikembalikan, ternyata anda masih berhutang banyak barang yang belum dikembalikan, yang sebenarnya tidak anda pinjam atau mungkin anda pinjam tetapi si pemakai tidak apik dalam menggunakan sehingga terlupa dan menghilangkannya.

Bila anda hendak memesan khusus gaun pengantin yang baru, maka mulailah memilih dan menentukan model gaun pengantin yang cocok dengan proporsi tubuh anda. Ada banyak contoh gaun pengantin di majalah, carilah yang paling anda sukai yang sesuai dengan karakter anda dan tema pesta anda.

Beli kain yang sesuai dengan model busana pengantin dan warna yang sesuai dengan tema pernikahan anda. Jangan lupa untuk mencari kain yang sesuai untuk busana yang akan dikenakan orang tua dari kedua belah pihak yang akan mendampingi anda di pelaminan, sebaiknya cari warna yang lembut dan serasi.

Mulai mencari/ memesan/ membeli/ menjahit/ menyewa gaun pengantin dan busana pengantin pria yang sesuai di toko langganan anda.

Tips hemat: biasanya perias juga meminjamkan gaun atau kebaya beserta kain batik atau sarungnya untuk pengantin dan keluarga, tanyakan kepada perias anda apa saja yang bisa anda sewa dari perias, karena dengan menyewa dari perias anda, anda bisa menghemat budget untuk pos-pos tertentu, dan mengalihkan biayanya untuk pos yang lain.

Atau mungkin ibu anda masih menyimpan gaun pernikahan atau kebaya yang dikenakannya wktu menikah dulu. Dengan sedikit touch up dan penyesuaian pada bentuk tubuh anda, anda bisa mendapatkan sebuah kebaya cantik yang pastinya lebih hemat dan bernilai historis tinggi.

Jika keluarga besar akan memakai busana seragam, maka mulailah juga mencari kain yang sesuai warna tema dan model yang disarankan, dan segera dibagikan terlebih dahulu kepada keluarga yang lokasinya paling jauh. Karena akan memakan waktu pengiriman.

Tips hemat: keluarga besar tidak harus memakai baju dan kain dengan model yang seragam, karena sering kali baju seragam itu hanya terpakai satu kali, yaitu hanya pada saat pesta anda saja. Akan sangat bijak bila keluarga besar diberi patokan warna tema / dress code untuk menyesuaikan, sehingga masing-masing anggota keluarga dapat menggunakan kain dan model yang mereka sukai tapi tetap dengan tema warna yang serasi.

Untuk menandai panitia, anda bisa menggunakan pita atau corsage yang disematkan di dada panitia pernikahan anda.

Jahit gaun pengantin anda di penjahit yang terpercaya.

Tips: jahit gaun pengantin anda di tempat yang terpisah dengan orang tua ataupun keluarga yang lain, agar tidak mengganggu konsentrasi dan prioritas penjahit.

sebaiknya gunakan korset dan bra yang sesuai ketika pengukuran dan gunakan sepatu yang sama tingginya dengan sepatu yang akan anda kenakan saat pesta pernikahan.

Tanyakanlah kepada penjahit anda, kapan harus datang kembali untuk pengepasan pertama.

Jahit jas pengantin pria, di tailor khusus untuk jahit jas untuk mendapatkan bentuk yang bagus.

Berolah raga secara teratur, minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Konsumsi makanan sehat, banyak serat dan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar