Selasa, 07 September 2010

5 bulan sebelum pernikahan

Booking Master of Ceremony (MC) untuk proses siraman, akad nikah dan resepsi. Diskusikan upacara adat apa saja yang akan dilakukan. Buatlah jadwal bersama MC kapan akan digelar rapat keluarga untuk menyusun panitia pernikahan anda.

Lakukan survey katering yang cocok dengan rasa, menu dan harga yang anda inginkan. Buatlah janji dengan pihak katering agar anda dapat mencicipi menu mereka.

Bila anda sudah menentukan pilihan untuk jasa katering, booking untuk tanggal pernikahahan anda, tetapkan menu apa saja yang akan disajikan yang sesuai dengan cita rasa para tamu yang akan anda undang dan harga yang disepakati. Bila pembayaran tahap pertama sudah dilakukan, simpan baik-baik kwitansi pembayaran.

Tips: Jasa katering biasanya menyediakan pula jasa dekorasi, tanyakanlah pada pihak katering, apa saja paket yang tersedia. Jika anda dapat memesan katering sekaligus dengan dekorasi, tentu hal ini bisa menghemat budget anda. Diskusikanlah juga mengenai dekorasi yang anda inginkan.

Survey fotografer dan videografer yang sesuai dengan selera anda.

Tips: Saat ini sudah banyak penyedia jasa pemotretan dan videografi yang menampilkan portfolio mereka di internet. Anda bisa memilih yang paling anda sukai cukup dengan meng-klik websitenya.

Tanyakan detail biaya yang dikeluarkan dan jasa yang akan akan anda peroleh.

Bila anda sudah menentukan jasa fotografer dan videografer yang anda sukai. Booking untuk hari pernikahan anda dan buatlah jadwal kapan anda akan melakukan foto pra-wedding.

Tips Hemat: Mintalah teman anda yang hobi fotografi untuk memotret foto pre-wedding anda. Teman akan lebih mudah diajak bekerja sama dan pastinya lebih bisa menghemat budget pernikahan anda.

Hindari pengambilan foto dengan jadwal padat selama satu hari, karena akan sangat menguras tenaga dan dapat merusak mood anda, selain itu akan membuahkan hasil yang kurang maksimal.

Lakukanlah survey mengenai trend tema dekorasi terkini untuk membantu anda merancang dekorasi pelaminan dan gedung yang sesuai dengan tema pesta, kemudian survey penyedia jasa dekorasi dikota anda yang sesuai dengan kriteria anda.

Tips: kios-kios bunga biasanya juga menyediakan jasa dekorasi resepsi dan pelaminan, karena mereka memiliki akses ke supplier bunga segar, yang harganya pasti lebih miring dibandingkan dengan penyedia jasa dekorasi besar.

Diskusikan dengan penyedia jasa dekorasi mengenai lokasi yang akan digunakan pada saat akad nikah dan resepsi, tema warna dan bunga-bunga apa saja yang anda inginkan. Bagian mana saja dari lokasi yang perlu di dekor, dan bagian mana yang tidak perlu.

Hal yang dipesan dari penyedia jasa dekorasi dan bunga segar :

dekorasi akad nikah

dekorasi pelaminan

dekorasi ruangan resepsi

dekorasi kamar pengantin

dekorasi siraman

Bunga tangan (hand bouquet) yang warnanya sesuai dengan gaun pengantin.

Bila anda sudah bisa melakukan fitting pertama gaun pengantin. Gunakanlah sepatu yang tingginya sama dengan yang akan anda gunakan pada saat resepsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar