Selasa, 07 September 2010

4 bulan sebelum pernikahan

Lakukan rapat keluarga untuk menentukan siapa saja keluarga dan sahabat yang akan menjadi panitia dan apa saja tugas-tugasnya.

  • Misalnya siapa sajakah yang akan menjadi saksi nikah,
  • Perwakilan keluarga yang akan memberi kata sambutan, ketua panitia pernikahan, pagar ayu/bagus, dan among tamu.

Tips: Sebaiknya MC juga ikut serta dalam rapat ini. Buatlah daftar panitia lengkap dengan nomor kontaknya untuk memudahkan koordinasi. Berikan salinannya kepada ketua panitia dan MC.

Tips Memilih Panitia Pernikahan:

Buatlah susunan kepanitiaan pernikahan anda yang terdiri dari: Keluarga yang akan memberikan sambutan, Panitia pembaca doa, Saksi Nikah, Among Tamu, Penerima tamu, pagar ayu, pagar bagus, pengiring pengantin, penjaga uang angpaw, penjaga catering, panitia yang bertugas menjemput penghulu dan mengantar ke lokasi akad nikah, panitia pengantar air siraman kepada keluarga calon mempelai pria (cpp), panitia yang dipercaya mengatur pelunasan pembayaran kepada vendor ketika pesta diselenggarakan.

Tips: Untuk panitia pengantar air siraman, pilihlah sosok yang bisa merekatkan dan menghangatkan hubungan kedua keluarga besar.

Pilihlah orang-orang yang anda kenal baik, berwibawa dan bertanggung jawab dari lingkup terdekat keluarga dari kedua belah pihak dan sahabat anda.

Perhatikan keluarga yang anda minta jadi panitia, jangan meminta keluarga yang memiliki jam kerja sibuk, memiliki bayi atau mungkin terlalu sepuh, karena bisa membebani dan tidak dapat bertugas secara maksimal.

Siapkan busana untuk foto pra-wedding.

Lakukan foto pra wedding

Tips: Tidak perlu menggunakan busana pengantin yang akan digunakanpada hari H atau busana pengantin yang harus disewa mahal,, cukup berbusana kasual yang menceritakan keseharian anda dan pasangan, pilihlah tempat-tempat unik dan artistik untuk menciptakan foto yang indah dan berkesan.

mulailah menyusun kartu undangan anda.

Kartu undangan biasanya berisi:

  • Nama kedua calon pengantin lengkap dengan gelarnya
  • Nama orang tua dari kedua belah pihak lengkap dengan gelarnya
  • Jam, Hari, Tanggal dan Tahun pelaksanaan Akad Nikah dan Resepsi.
  • Lokasi Akad Nikah dan Resepsi.
  • Do’a tentang pernikahan
  • Alamat rumah yang akan dicantumkan
  • Peta keterangan lokasi.
  • Semuanya harus lengkap, jangan sampai ada yang salah penulisan atau ejaan.

Pesan kartu undangan, sekaligus dengan buku tamu dan kartu ucapan terimakasih yang akan dipasangkan pada suvenir pernikahan anda.

Tips: Jika hendak mencantumkan foto pra-wedding dalam kartu undangan anda, sebaiknya selesaikan dulu proses foto pra-wedding baru memesan kartu undangan.

Tidak perlu menggunakan kertas yang mahal untuk menciptakan kartu undangan yang bagus, cukup design yang cantik, unik, dan informaif. Jangan mencetak kartu dengan ukuran yang terlalu besar. Kadang ukuran yang terlalu besar akan mempersulit proses pengiriman dan tidak mudah dibawa dengan tangan.

Bila anda ingin lebih praktis dan modern, akhir-akhir ini banyak undangan yang juga sudah merangkap menjadi souvenir pernikahan, misalnya undangan yang dibingkai dengan figura yang cantik, undangan berbentuk memo, atau undangan yang dibungkus dengan kotak berisi suvenir. Resikonya adalah anda memberikan suvenir pada orang-orang yang belum tentu datang ke pernikahan anda, dan harga undangan multifungsi ini biasanya lebih mahal dari undangan biasa.

Pesan suvenir pernikahan anda.

Tips:

  • Pilihlah suvenir yang Tidak umum, Unik dan memiliki sentuhan pribadi. Karena seringkali kita menerima suvenir yang sama berulang kali.
  • berukuran kecil, jadi bisa dimasukan kedalam saku atau tas,
  • Dibungkus dengan warna yang cerah sesuai tema pesta, sehingga menarik ketika dilihat
  • Sesuai dengan lokasi dan waktu diadakan pesta (Jika anda menggelar pesta kebun di siang hari, lebih baik memberikan suvenir berupa kipas unik daripada memberi suvenir kue coklat yang mudah meleleh)
  • memiliki manfaat atau nilai guna,
  • tahan lama, dibuat dari material yang baik,
  • tidak mudah rusak, jangan sampai suvenir anda hanya tahan sehari dan kemudian terbuang karena rusak atau tidak berguna.
  • Ketika resepsi, Jangan menyimpan suvenir dibelakang meja penerima tamu. Tatalah dengan rapih diatas meja penerima tamu.
  • Pesan suvenir bermanfaat seperti buku memo kecil atau kalendar mungil bersampul foto anda berdua. Bisa juga anda membeli suvenir yang sudah jadi, yang pasti harganya lebih murah, lalu ditempeli stiker inisial nama anda dan pasangan, seperti gantungan kunci, handuk kecil, sisir atau pembuka botol. Tidak perlu mahal, yang pasti bernilai guna dan sesuaikan jumlahnya dengan tamu yang anda undang.

Jika Suvenir anda berukuran besar:

  • Anda bisa membagikannya ketika tamu pulang, dengan cara memberikan kupon terlebih dahulu pada saat tamu selesai mengisi buku tamu. Kupon tersebut bisa dipakai untuk menukar suvenir pada saat pulang, sehingga tamu tidak repot membawa-bawa suvenir sepanjang acara.
  • Bisa juga dengan menukarkan kartu undangan dengan kupon suvenir, dan membagikan suvenir ketika tamu pulang, dengan demikian jumlah pembagian suvenir bisa terkontrol, dan tidak akan ada tamu yang kehabisan suvenir.

Pesan suvenir pengajian dan siraman, khusus hanya untuk tamu yang diundang.

Tips: Biasanya suvenir ini berisi handuk kecil, sisir, dan wewangian, baik itu sabun, parfum atau pot pourry. Bisa ditambah dengan suvenir lain, disesuaikan dengan budget yang tersedia.


Anda dan pasangan beserta keluarga mulailah menyusun daftar tamu yang akan diundang. Pilihlah siapa saja yang masuk daftar HARUS diundang, siapa yang SEBAIKNYA diundang, dan siapa yang baru akan diundang bila MEMUNGKINKAN. Tapi sebelumnya, lakukanlah pembagian jatah tamu yang akan diundang oleh masing-masing pihak. Biasanya yang menanggung hajat memiliki jatah undangan lebih banyak, diskusikan dengan baik agar tidak menimbulkan kesalah pahaman.

Tips: Jumlah tamu undangan adalah faktor penentu utama yang bisa menghendalikan besarnya biaya yang akan dikeluarkan, semakin sedikit jumlah tamu yang diundang, semakin banyak pula biaya yang bisa dihemat. Bijaklah dalam memilih siapa saja yang akan menghadiri pesta anda. Jangan mengundang orang-orang yang akan merusak mood anda saat acara berlangsung.

Booking grup musik atau kesenian pengiring, baik itu yang tradisional ataupun modern (tergantung pada jenis pesta yang akan anda adakan). Diskusikan lagu apa saja yang akan dimainkan selama resepsi berlangsung.

Tips: Biasanya perias atau MC memiliki grup kesenian yang biasa diajak bekerja sama, carilah informasinya dan berapa biaya sewanya.

Susun daftar lagu yang akan dimainkan selama resepsi berlangsung.

Pesan tenda, AC portable, sound system, MIC, karpet, kursi-kursi.

Tips: Beberapa lokasi resepsi juga menyediakan AC portable dengan tambahan biaya untuk sewa alat dan listrik, tanyakanlah pada pengurus lokasi resepsi mengenai perlengkapan pesta yang bisa anda sewa. Bandingkan harganya dengan tempat penyewaan lain.

Jika anda hendak berbulan madu langsung setelah pernikahan, sebaiknya segera tetapkan lokasi bulan madu dan lakukan pemesanan tempat dan akomodasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar